5 Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya, Harus ada di rumah Anda

Bagi Anda yang memang memiliki hobi berkebun dan bercocok tanam, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk meneruskan hobi tersebut karena ada banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah manfaat bagi kesehatan Anda. Ya, mungkin sebagian besar dari Anda tahu bahwa tanaman-tanaman yang Anda tanam tersebut bisa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan Anda. Di artikel kali ini, kita akan coba membahas tentang beberapa tanaman obat keluarga dan manfaatnya.

tanaman obat untuk keluarga

Tanaman obat keluarga atau yang juga sering disingkat menjadi TOGA memang amat sangat disarankan bagi Anda yang gemar berkebun. Jadi, jika ada sebuah kondisi yang berhubungan dengan masalah kesehatan yang terjadi pada keluarga Anda, Anda bisa dengan mudah mendapatkan obatnya hanya dengan mengunjungi kebun Anda saja.

tanaman obat untuk keluarga dan manfaatnya

Nah, lalu, apa saja sih contoh-contoh tanaman obat yang sebaiknya Anda tanaman dan juga apa manfaatnya? Mari kita bahas bersama-sama dan mari kita usahakan untuk membudidayakan tanaman-tanaman di bawah ini di kebun kita agar kita bisa mendapatkan manfaatnya dengan mudah tanpa harus membeli obat untuk mengatasi masalah kesehatan.

  1. Pepaya

Tentu saja kita semua tahu pohon pepaya, bukan? Pohon pepaya memang sudah diketahui memiliki banyak manfaat. Yang pertama tentu saja buahnya yang sedap dimakan. Dan jangan lupakan daun pepaya yang bisa diolah menjadi masakan yang lezat dengan rasanya yang khas dan sedikit pahit namun nikmat. Nah, ternyata, daun pepaya juga memiliki khasiat lain yaitu sebagai pencegah kanker.

pepaya tanaman obat keluarga

Mengkonsumsi daun pepaya yang sudah dimasak terbukti secara ilmiah mampu menekan pertumbuhan sel-sel yang bisa menjadi cikal bakal sel kanker nantinya. Selain itu, daun pepaya juga bisa digunakan untuk membasmi mikro organisme jahat yang mengganggu fungsi pencernaan. Tidak hanya itu saja, daun pepaya juga berkhasiat untuk mengendalikan tekanan darah serta mengobati nyeri haid.

  1. Daun Sirih

Daun sirih memang terkenal sebagai salah satu tanaman herbal yang baik bagi kesehatan. Inilah mengapa daun sirih sering digunakan untuk ramuan jamu. Orang-orang jaman dulu sering mengunyah daun sirih yang ternyata, setelah diteliti, memiliki khasiat untuk menangkal kanker mulut serta menghilangkan bau mulut tidak sedap.

daun sirih untuk tanaman obat keluarga

Selain khasiat di atas, masih ada seabreg manfaat yang bisa didapatkan dari daun sirih. Sebagai contoh, daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, asma, gusi bengkak, radang tenggorokan. Atau bahkan bisa digunakan juga untuk pengobatan luar seperti mengobati luka bakar dan untuk mengatasi bisul-bisul pada kulit.

  1. Jahe

Selain sangat mudah dibudidayakan, jahe juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Mungkin sebagian besar dari kita mengetahui bahwa jahe bisa diolah menjadi minuman yang nikmat dan menghangatkan.

jahe untuk tanaman obat keluarga

Ternyata, selain manfaat tersebut, jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan khususnya masalah perut seperti mual, perut kembung, muntah-muntah, dan juga untuk mengatasi masalah nafsu makan. Sebagai tambahan, jahe juga bagus untuk menanggulangi masalah nyeri otot, batuk bronkitis, dan lain sebagainya.

  1. Kencur

Mirip seperti jahe, manfaat kencur juga amat sangat banyak. Sebagai contoh, kencur bisa langsung dikonsumsi setelah dicuci bersih untuk mengatasi masuk angin, perut mulas dan mual, sakit kepala, dan juga diare.

kencur untuk tanaman obat keluarga

Kencur juga banyak dikonsumsi oleh penyanyi karena terbukti mampu membantu menjaga kualitas pita suara.

  1. Mengkudu

Buah yang satu ini sering juga disebut sebagai pace. Meskipun baunya menyengat, ternyata buah mengkudu ini memiliki banyak sekali khasiat.

mengkudu untuk tanaman obat keluarga

Mulai dari sekedar untuk menjaga kesehatan, membasmi bakteri jahat, pencegahan kanker, mengobati masalah perut, memperlancar peredaran darah, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

  •  
  •  
  •  
  •