Salah jurusan merupakan sebuah masalah yang biasa menerpa kalangan mahasiswa. Biasanya mereka yang salah jurusan akan merasa terjebak dengan suasana yang membosankan selama perkuliahan. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang tentunya dapat Anda terapkan saat ingin memasuki perkuliahan.

1. Mengikuti passion

Kunci dari memilih jurusan kuliah ialah mengetahui apa yang benar-benar kita sukai. Tak melulu soal pelajaran sekolah, tapi aspek lainnya yang barangkali tidak sehubungan langsung dengan pelajaran di sekolah. Hal ini bakal menjadi petunjuk Anda dalam menilai jurusan di perguruan tinggi. Sehingga kita tak terlampau bingung ketika harus memilih jurusan A atau jurusan B.

2. Pahami potensi diri

Selain memahami hal-hal yang disukai, Anda pun harus mengenal dan memahami potensi diri. Terkadang, potensi diri ini tidak sejalan dengan minat dan passion. Tapi dapat memberi Anda petunjuk dalam menilai jurusan yang bakal dipilih.

Misalkan, kita suka dengan kegiatan sebagai programmer. Namun, kita ternyata tak punya keterampilan dalam urusan matematika dan logika. Maka, tinggalkan ketertarikan Anda itu sebelum menyesal di kemudian hari.

Namun demikian, potensi diri pun bisa bersangkutan langsung dengan minat Anda. Itu artinya, kita sudah dapat memanfaatkan potensi menjadi sebuah kegemaran yang dapat terus didalami. Mengenal potensi diri lebih dalam yang akan membuat Anda tidak kebingungan di kemudian hari.

3. Jangan ikut-ikutan pilihan teman

Nah, ini penting untuk Anda yang masih bimbang dalam menilai jurusan di perguruan tinggi. Jangan pernah memungut jurusan sebab sedang menjadi tren atau karena tidak sedikit dipilih oleh rekan Anda. Karena, seperti diterangkan di poin sebelumnya, pemilihan jurusan mesti menurut minat dan potensi yang dimiliki. Jangan sekadar ikut opsi teman, yang malah nantinya akan menjerumuskan.

Yakinkan diri kita bahwa jurusan kuliah Anda ialah yang tepat untuk mengasah potensi bakat Anda. Karena bisa saja sebuah jurusan A bakal cocok untuk teman kita tapi akan menjadi tidak cocok bila Anda sendiri yang menjalankannya.

4. Cari kelebihan dan kekurangannya

Sebenarnya terdapat satu teknik sederhana guna menilai jurusan di perguruan tinggi. Cari keunggulan dan kelemahan dari jurusan yang bakal Anda pilih. Maka dar itu Mencari kelebihan dan kekurangan jurusan menjadi tips memilih jurusan kuliah yang sangat penting.

Jangan melulu kelebihan saja ya. Karena ini akan menciptakan Anda menjadi orang yang lalai dan tidak menyadari kendala yang dapat Anda hadapi ketika kuliah nanti.

Lakukan penelitian terhadap jurusan yang diminati. Mulai dari jumlah murid yang diterima, mata kuliah utama, sampai jumlah sks yang mesti dipenuhi. Pastikan kita memang sanggup mengekor setiap mata kuliah yang bakal didapat ketika diterima di jurusan tersebut.

Jangan sebab jurusan itu dipilih oleh banyak teman-teman Anda, maka Anda juga ikut memilihnya. Padahal belum pasti bakat dan passion Anda ialah di jurusan tersebut. Bisa-bisa kita keburu Drop Out sebab tak mampu untuk menghadapi mata kuliah yang berat.

5. Ketahui tingkat akreditasi jurusan

Satu urusan yang tak boleh lewat ketika memilih jurusan kuliah Universitas Swasta Terbaik di Jakarta ialah tingkat akreditasi dari jurusan tersebut. Terutama bila Anda nantinya bakal memilih jurusan di perguruan tinggi swasta. Tingkat akreditasi ini bakal memberi cerminan tingkat kredibilitas dari jurusan tersebut.

Itulah tadi 5 tips memilih jurusan kuliah yang dapat menjadi bahan referensi Anda untuk memilih jurusan kuliah. Jangan sampai Anda salah masuk jurusan, karena hal tersebut hanya akan menyulitkan Anda