Apa Saja Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Tubuh? Simak Penjelasannya

Sebagai salah satu tanaman herbal yang sudah cukup dikenal khasiatnya, daun kumis kucing memang amat sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang mengalami berbagai masalah kesehatan. Manfaat daun kumis kucing yang amat sangat banyaklah yang menjadi alasannya.

beberapa manfaat daun kumis kucing

Selain manfaatnya, daun kumis kucing juga cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Inilah mengapa, sekali lagi, sangat disarankan bagi Anda untuk berobat menggunakan daun kumis kucing karena mudah, murah, dan pastinya aman karena menggunakan bahan alami.

manfaat daun kumis kucing

Yuk, mari kita sama-sama pelajari berbagai manfaat kumis kucing dan juga bagaimana cara mengolahnya agar kita bisa mendapatkan manfaatnya.

Obat Asam Urat

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tahu mengapa penyakit asam urat bisa terjadi. Penyakit ini berkaitan dengan sendi tubuh. Umumnya, penderita asam urat akan merasakan nyeri saat bergerak dan sering kali rasa nyerinya tidak tertahankan. Kondisi ini terjadi karena penderita kelebihan zat purin. Penumpukan zat purin di sendi-sendi tubuh itulah yang menimbulkan rasa sakit. Nah, daun kumis kucing ini bisa digunakan untuk mengurangi kadar zat purin dalam tubuh Anda sehingga nantinya akan mengurangi rasa sakit akibat asam urat.

manfaat daun kumis kucing untuk obat asam urat

Perlu Anda tahu, nantinya kadar purin Anda akan larut dikeluarkan melalui air seni. Lalu, bagaimana cara mengolah daun kumis kucing tersebut? Caranya sangatlah mudah. Anda hanya cukup menyiapkan mesin blender, sekitar 50 gram daun kumis kucing, madu sebanyak 1 sendok makan, dan air. Kemudian, pastikan Anda mencuci bersih daun kumis kucingnya sebelum memblendernya bersama dengan bahan lain. Minum jus tersebut untuk mengatasi asam urat Anda.

Obat Batu Ginjal

Khasiat berikutnya adalah untuk mengobati batu ginjal. Umumnya penderita batu ginjal disebabkan karena kurang minum air putih, terutama bagi pekerja yang keseharian bekerjanya duduk berlama-lama di depan komputer seperti misalnya seorang penyedia jasa seo. Zat yang bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal adalah zat fitokimia yang bernama orthosipon glikosida dan zat ini terkandung dalam daun kumis kucing dalam kadar yang cukup tinggi.

Ini yang menjadi alasan mengapa daun kumis kucing sangat bagus untuk bagi ginjal karena zat yang sudah disebutkan di atas mampu membantu meluruhkan batu ginjal. Dan pada saat yang sama, zat tersebut juga akan membantu memperlancar buang air kecil yang akan membantu proses penyembuhan penderita batu ginjal.

manfaat daun kumis kucing untuk obat batu ginjal

Lalu, bagaimana cara mengolahnya? Sebenarnya kurang lebih sama seperti cara yang sudah dituliskan di atas namun akan lebih baik jika Anda mencampurkan 1 genggam daun kumis kucing dengan 50 gram stroberi dan juga 150 gram semangka. Tujuan mencampurkan bahan-bahan tersebut adalah untuk memberikan efek anti inflamasi bagi kandung kemih Anda. Silakan blender bahan-bahan tersebut sampai halus dan Anda bisa segera menikmatinya.

Obat Diabetes

Manfaat yang berikutnya adalah untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang artinya akan sangat bagus untuk penderita diabetes. Zat flavonoid di dalam daun kumis kucinglah yang kali ini memainkan peranannya. Zat ini befungsi untuk menghambat penyerapan kadar gula atau glukosa yang terjadi di dalam usus.

manfaat daun kumis kucing untuk obat diabetes

Sebagai hasilnya, nantinya kadar gula darah akan menurun dan akan membantu penyembuhan diabetes baik itu yang berjenis diabetes kering maupun basah. Untuk mengolah daun kumis kucing guna mendapatkan manfaat ini, silakan Anda siapkan beberapa lembar daun kumis kucing dan juga daun sambiloto. Rebus kedua jenis daun tersebut dan minum airnya dengan dosis dua kali sehari.

Itulah dia beberapa manfaat dari daun kumis kucing yang sebaiknya Anda tahu. Bagaimana? Hebat bukan daun kumis kucing? Makanya, segeralah cari daun kumis kucing atau usahakan untuk menanamnya sendiri di kebun atau halaman rumah Anda.

  •  
  •  
  •  
  •