Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan Ketika Mengalami Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

WismaNusantaraHerbal – Dalam beberapa hari terakhir ini masyarakat Indonesia sedang diramaikan dengan kabar Ust Arifin Ilham yang dirawat karena terdiagnosis terkena penyakit kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening adalah salah satu kelenjar dari sekian banyak kelenjar yang ada pada tubuh manusia. Dan pastinya setiap kelenjar tadi memiliki fungsi yang berbeda, termasuk kelenjar getah bening yang memiliki fungsi sebagai penyaring dari cairan getah bening/limfa yang mengalir di seluruh tubuh melalui pembuluh limfa.

Umumnya ketika ada masalah pada kelenjar getah bening, maka akan muncul benjolan/pembengkakan di tubuh kita tempat dimana kelenjar tersebut berada. Munculnya pembengkakan ini juga biasanya dialami ketika kita sedang mengalami penurunan sistem imun atau kekebalan tubuh seperti flu, batuk infeksi gigi dan infeksi telinga. Karena memang kelenjar getah bening sendiri juga termasuk kelenjar yang memproduksi sel darah putih dan antibody, yang berarti memiliki peran yang sangat vital dalam menghadapi penyakit atau infeksi.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba sebagai tindakan awal ketika kita mengalami pembengkakan kelenjar getah bening :

  • Kompres Menggunakan Air Hangat

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres bagian yang bengkak menggunakan air hangat. Ini bertujuan agar mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat pembengkakan juga meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga : Tanaman Obat Keluaga yang Bisa Kamu Tanam Sendiri di Rumah

  • Pijat Dengan Perlahan

Selanjutnya kita bisa memijat di area yang sakit dengan perlahan, supaya mengurangi pembengkakan dan membuat rileks kelenjar getah bening.

pembengkakan kelenjar getah bening

Anda bisa menggunakan madu ketika memijat kelenjar getah bening yang bengkak, karena madu selain memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh telah dipercaya memiliki kandungan yang berfungsi sebagai anti inflamasi.

  • Bawang Putih, Kunyit dan Susu

Bahan-bahan seperti bawang putih dan kunyit ini bisa dengan mudah didapatkan karena biasa digunakan sebagai salah satu bumbu dapur. Nah, bawang putih juga kunyit ini bisa digunakan sebagai obat berbahan alami  karena sudah teruji memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa menghilangkan rasa nyeri akibat pembengkakan. Susu pun demikian, memiliki sifan anti inflamasi sehingga cocok dikonsumsi ketika mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.

Itu tadi beberapa tips mudah dan praktis sebagai tindakan awal ketika mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening. Namun jika bengkak yang terjadi tidak kunjung membaik dalam 3 hari, disarankan untuk segera konsultasi dengan tenaga medis untuk tindakan selanjutnya.

 

 

  •  
  •  
  •