wismanusantaraherbal.com – Ginseng adalah salah satu obat herbal paling terkenal di Timur, di mana ia telah mendapatkan reputasi yang hampir ajaib karena mampu meningkatkan kesehatan, kekuatan tubuh secara umum, untuk memperpanjang hidup dan mengobati banyak penyakit termasuk depresi, diabetes, kelelahan, penuaan , radang, degenerasi internal, mual, tumor, masalah paru-paru, pencernaan yang terganggu, muntah, gugup, stres, dan bisul.

Asal Ginseng

Ginseng memiliki sejarah penggunaan herbal sejak 5.000 tahun yang lalu. Ini adalah salah satu obat herbal yang paling dihormati di Timur, di mana ia telah memperoleh reputasi yang hampir ajaib karena mampu meningkatkan kesehatan, kekuatan tubuh secara umum dan juga untuk memperpanjang hidup. Nama genus Panax berasal dari kata Yunani yang berarti “obat mujarab” atau “semua penyembuhan”; Spesies ginseng dikatakan berarti “keajaiban dunia”.

Kedua istilah tersebut merujuk pada manfaat obat dari tanaman. Dalam dekade terakhir ini telah mendapatkan popularitas di Barat dan ada banyak literatur tentang efek menguntungkan dari ginseng dan konstituennya.

Manfaat Ginseng

Laporan terbaru tentang farmakologi ginseng menunjukkan berbagai efek, termasuk pengaruh pada sistem saraf pusat, sistem endokrin dan adrenokortikal, internal, organ, metabolisme, tekanan darah dan gula, aktivitas gonadotropik, penuaan sel, tumor, dan stres. Ginseng muncul untuk menghilangkan stres, meningkatkan aktivitas seksual, dan memfasilitasi kawin pada hewan laboratorium.

Ramuan ini telah dilaporkan efektif dalam memperpanjang waktu hidup selama serangan jantung. Dilaporkan menunjukkan aktivitas hipoglikemik. Ginseng juga telah diidentifikasi untuk melindungi testis terhadap 2,3,7,8-tetrachloro-di-benzo-di-p-DIOXIN yang menyebabkan kerusakan testis. Dioksin khusus ini adalah yang paling berbahaya dari kelompok kimia paling beracun yang mungkin diketahui sains. Dioksin diketahui menyebabkan kanker pada manusia.

Baca juga : Buat Shampoo Herbal Sesuai Keinginan Anda di Rumah

Ginseng telah terdaftar oleh beberapa orang sebagai berguna dalam pengobatan anemia, kanker, depresi, diabetes, kelelahan, hipertensi, insomnia, syok, efek radiasi, efek penggunaan morfin dan kokain, lingkungan, stres fisik dan mental, dan penyakit kronis. Telah dikatakan bertindak sebagai stimulan, meningkatkan daya tahan, meningkatkan harapan hidup, mengendurkan sistem saraf, meningkatkan kesadaran mental, mendorong fungsi hormon yang tepat, meningkatkan kadar lemak, menurunkan kolesterol, meningkatkan pertumbuhan saraf, dan meningkatkan resistensi terhadap penyakit.

Ginseng telah digunakan untuk meningkatkan nafsu makan dan energi tubuh, mengatur menstruasi, mengurangi persalinan, meningkatkan kesuburan wanita, dan mengobati penyakit periodontal. Ginsenosides adalah kelompok beragam saponin steroid, yang menunjukkan kemampuan untuk menargetkan berbagai jaringan, menghasilkan serangkaian respons farmakologis. Namun, banyak mekanisme aktivitas ginsenoside masih belum diketahui. Karena ginsenosida dan konstituen ginseng lainnya menghasilkan efek yang berbeda satu sama lain, dan ginsenosida tunggal memulai beberapa tindakan dalam jaringan yang sama, farmakologi keseluruhan ginseng tetap sangat kompleks dan esoterik.

  •  
  •  
  •