Si Kecil Flu dan Batuk? Resep Obat Batuk Anak Tradisional ini Pantas Dicoba

Mengatasi masalah batuk bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika yang mengalami batuk adalah orang dewasa, maka tidak akan terlalu susah karena ada banyak obat baik itu yang alami maupun yang obat dari dokter yang bisa diminum. Namun, akan menjadi lebih susah jika yang batuk adalah anak-anak khususnya yang di bawah umur 3 tahun. Jangankan untuk obat dari dokter, obat batuk anak tradisional saja terkadang cukup sulit dan perlu cara khusus.

obat tradisional untuk anak

Anak-anak di atas umur 3 tahun juga terbilang cukup susah namun masih bisa dianggap lebih mudah dibanding batita. Alasannya adalah karena anak yang berusia di atas 3 tahun umumnya lebih mudah diarahkan dan diperintah ketimbang anak umur di bawah 3 tahun. Namun tentu saja, trik yang pas juga harus dilakukan agar anak bisa mengkonsumsi obat batuk tersebut dengan baik.

obat batuk anak tradisional alami

Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas obat batuk untuk anak di atas 3 tahun maupun di bawah 3 tahun. Ya, obat tradisional adalah yang akan kita bahas karena obat semacam ini terbukti manjur dan tidak akan memberikan efek samping pada anak-anak.

Obat Batuk Anak Tradisional di Atas 3 Tahun

Untuk obat batuk anak berusia di atas 3 tahun, alternatif pertama adalah dengan memberikan minuman jahe. Tapi masih banyak anak di atas 3 tahun yang merasa jahe itu tidak enak, entah itu terlalu pedas atau terlalu pahit. Di sinilah Anda, sebagai orang tua, harus melakukan trik tertentu agar anak bisa mengkonsumsi jahe tersebut dengan lebih mudah.

minuman jahe untuk obat batuk anak tradisional

Caranya adalah dengan merebus jahe dan mencampurkannya dengan teh. Mungkin kadar jahenya jangan terlalu banyak. Lalu, sebagai penamis, alih-alih menggunakan gula, Anda bisa menggantinya dengan madu karena madu juga sangat baik untuk mengobati batuk pada anak.

Alternatif yang berikutnya adalah dengan menggunakan kencur. Hampir mirip dengan jahe seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kencur bisa diolah dengan dicampurkan ke dalam teh. Atau Anda bisa juga mengolah kencur dengan cara merebusnya, kemudian diambil airnya dan langsung ditambahkan madu saja tanpa harus menggunakan teh lagi. Rasa kencur cenderung tidak sekuat jahe. Jadi kemungkinannya akan lebih mudah bagi anak berusia di atas 3 tahun untuk bisa mengkonsumsinya.

Obat Batuk Anak di Bawah 3 Tahun

Untuk anak berusia di bawah 3 tahun, obat herbal yang pertama untuk mengatasi batuk adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Memang, rasa jeruk nipis cenderung tajam. Tapi Anda tetap bisa mengakalinya agar jeruk nipis tersebut bisa tetap dikonsumsi dengan mudah oleh anak berusia 3 tahun.

minuman jeruk nipis madu untuk obat batuk anak tradisonal

Caranya adalah mengambil tiga sendok makan perasan jeruk nipis kemudian Anda mencampurkannya dengan 3 sendok makan madu. Jangan lupa tambahkan air matang kurang lebih 5 sendok makan. Agar mudah bagi anak berusia di bawah 3 tahun, silakan tim semua bahan tersebut secara bersamaan selama kurang lebih 30 menit. Berikan kepada anak Anda dengan takaran sekitar setengah sendok teh untuk anak berusia 1 tahun dan 1 sendok teh untuk anak berusia 2 tahun. Dosisnya adalah 2 kali dalam sehari.

Selain menggunakan jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan campuran madu dan juga lemon. Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 3 sendok makan madu dan sedikit air perasan lemon. Bila sekiranya bisa langsung diberikan pada anak Anda, silakan lakukan. Namun bila tidak, tambahkan air matang sebanyak satu gelas dan berikan kepada anak Anda. Seharusnya, beberapa hari kemudian batuk anak akan mereda. Namun jika masih tetap batuk, mau tidak mau, Anda harus membawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

  •  
  •  
  •  
  •