Siapa Saja Personal yang Ada Dalam Manajemen Laboratorium

Di dalam manajemen laboratorium, selain orang-orang yang melakukan kegiatan praktikum dan pengujian, terdapat orang-orang lain yang bertanggung jawab juga dalam kegiatan yang dilakukan dalam laboratorium tersebut. Orang-orang tersebut disebut sebagai personal laboratorium.

Mereka ini biasanya bergerak di balik layar saat kegiatan laboratorium dilakukan namun tidak jarang juga mereka juga terlibat langsung dalam kegiatan laboratorium. Yang jelas, peran mereka tidak bisa dipandang remeh. Dan oleh karenanya, mereka haruslah orang-orang yang berkualitas agar kegiatan di laboratorium bisa dilakukan dengan baik.

Untuk menunjang kualitas para personal laboratorium, bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan memberikan training. Nah, mari kita mengenali siapa saja personal laboratorium itu.

Siapa Itu Personal Laboratorium?

Personal laboratorium adalah orang-orang yang bekerja di dalam laboratorium dan memiliki tugas utama untuk melakukan perawatan laboratorium dan juga berperan sebagai laboran. Orang-orang tersebut bisa mencakupi kepala laboratorium, staff, tenaga laboran dan siapa saja yang berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan di laboratorium.

personal laboratorium

Tidak bisa disangkal, peran personal laboratorium ini sangatlah penting untuk menjaga kualitas di dalam manajemen laboratorium. Dan pada saat yang sama, saat berfungsi sebagai laboran, mereka memiliki andil yang besar untuk membantu para peneliti, operator, dan juga analis dalam melakukan berbagai kegiatan laboratorium.

Apa Saja yang Dilakukan Personal Laboratorium?

Para laboran akan membantu mulai dari hal-hal yang general sampai yang cukup spesifik. Sebagai contoh, laboran memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa semua fasilitas laboratorium termasuk perlengkapannya sudah tersedia dan siap digunakan untuk bermacam aktifitas di dalam laboratorium. Laboran juga bisa jadi diminta untuk melakukan berbagai tindakan laboratorium jika memang diperlukan dan jika laboran memang memiliki kompetensi dalam hal tersebut.

personal dalam laboratorium

Dengan melihat fungsi penting dari personal laboratorium seperti yang sudah disebutkan di atas, maka menjadi sangat krusial untuk memberikan tambahan kemampuan pada para personal laboratorium dengan cara meningkatkan kompetensinya. Di sinilah peran training atau pelatihan bagi personal laboratorium. Melalui training ini, diharapkan nantinya personal laboratorium bisa semakin memiliki kualitas yang lebih baik dan pada akhirnya akan memberikan dampak yang positif terhadap laboratorium itu sendiri.

  •  
  •  
  •  
  •