Finlandia adalah salah satu Negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik dunia. Angka dari kelulusan sekolah menengah atas di Finlandia ini sebesar 93 %, yang mana angka tersebut adalah angkat tertinggi daripada angka kelulusan di sekolah menengah atas di Canada, yakni sebesar 78 %, dan angka kelulusan di Amerika Serikat sendiri sekitar 75 %. Sebanyak 2 dan juga 3 pelajar di Finlandia tersebut pasti akan kualiah dan angka tersebut adalah angkat tertinggi di Eropa.

Pelajar Finlandia mendapat nilai tertinggi bila dibandingkan dengan Negara lain untuk PISA tahun 2006 ini, bahkan luar biasanya lagi angkanya berbanding cukup jauh dengan angka yang sudah didapatkan di Negara lain.

sistem pendidikan finlandia

Tentunya sebagai orangtua, memilih pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya sangat penting sekali. Sering sekali para orangtua bingung pada saat memilih sekolah terbaik bagi anaknya. Finlandia ini adalah Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, mempunyai beberapa cara berbeda dari sistem pendidikan di Negara yang lain, dan di bawah ini adalah beberapa perbedaannya.

Baca Info Menarik tentang contoh teks eksplanasi

Sistem pendidikan di Finlandia

  • Rasio pendidik dan peserta didik di Finlandia adalah 1 : 12, bila dibandingkan di New York yakni 1 : 24. Lalu bagaimana di Negara kita sendiri?
  • Tak ada kelas khusus atau pun percepatan maupun akselerasi di Finlandia.
  • Tes standardisasi seperti halnya UAS dan juga UAN di sini hanya terjadi satu kali, yakni saat mereka berusia sekitar 15 tahun.
  • Oleh Finlandia, pendidik diakui sebagai salah satu komponen yang memiliki peranan cukup penting sekali di dalam pendidikan. Hal yang demikian ini ditandai dengan adanya pendidikan seorang guru minimal S2, seorang sarjana pendidikan yang sudah menempuh S2, tak semua dapat mengajar, hanya 10 % saja dan juga mempunyai kompeten saja yang dapat mengajar, serta pendapat pengajar di sini setara dengan dokter atau pengacara.
  • Biarkan anak bermain yang cukup. Anak di Finlandia baru akan mulai sekolah formal pada saat mereka berusia sekitar 7 tahun, waktu istirahat di sini pada saat bersekolah adalah sekitar 75 menit, bisa dibandingkan sendiri dengan di Amerika Serikat yang hanya 27 menit, dan pastinya sangat jauh juga dengan di Indonesia kan? Selain itu anak Finlandia juga jarang sekali mempunyai pekerjaan rumah.

Di Finlandia tempat untuk menitipkan anak dan juga taman kanak-kanak dianggap yang paling penting sekali sebagai tempat awal untuk kembangkan keterampilan kerja sama dan juga komunikasi untuk bisa mempersiapkan pendidikan seumur hidup untuk anak.

Itulah sistem pendidikan terbaik di dunia, Finlandia yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Sumber : https://www.dosenpendidikan.com/

  •  
  •  
  •