Terbukti Berkhasiat, Berikut ini Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Mungkin sebagian besar dari kita tidak tahu apa itu tanaman binahong. Padahal tanaman ini bisa jadi ada di sekitar kita. Dan Anda juga harus tahu bahwa ternyata ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat dari daun binahong ini untuk kesehatan kita, yuk mari kita sama-sama cari tahu seperti apa sih sebenarnya tanaman binahong itu.

Apa Itu Tanaman Binahong?

Tanaman binahong sebenarnya adalah tanaman dengan jenis yang menjalar dan sering kali ditemukan di sekitar kita. Daun dari tanaman binahong ini memiliki bentuk yang unik, yaitu bentuk love. Inilah mengapa kadang oleh anak-anak kecil, daun tanaman ini dibuat mainan sambil meneriakkan “daun cinta” atau “daun love”. Tanaman binahong ternyata memiliki umur yang cukup panjang.

manfaat daun binahong untuk kesehatan

Jika Anda memperhatikan, bagian tangkai daunnya cukup pendek dan daunnya sendiri memiliki ujung yang runcing. Sementara untuk bagian pangkal dari daunnya sendiri memiliki lekukan yang membuatnya memiliki bentuk love. Satu fakta tentang daun binahong adalah bahwa daun ini bisa dimakan. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam sayuran yang nikmat untuk disantap.

banyak manfaat daun binahong untuk kesehatan

Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, daun binahong ini bisa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Sayangnya, masih banyak dari kita yang belum tahu tentang fakta ini. Makanya, yuk mari kita pelajari bersama-sama.

Obat Sakit Maag

Khasiat daun binahong yang pertama adalah sebagai obat sakit maag. Sebagai bahan tradisional yang alami dan aman, daun binahong terbukti bisa membantu mengatasi nyeri lambung yang berhubungan dengan sakit maag.

manfaat daun binahong untuk obat sakit maag

Cara mengolah daun binahong ini untuk digunakan sebagai obat maag sebenarnya sangatlah mudah. Anda cukup menyediakan 7 helai daun binahong saja yang kemudian Anda rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Silakan Anda minum air hasil rebusan sebanyak tiga kali dalam sehari.

Obat Kanker

Ada lagi khasiat dari daun binahong yang amat sangat mencengangkan yaitu sebagai obat kanker. Penyakit yang terbilang sangat membahayakan ini memang saat ini masih belum ditemukan obatnya di dunia medis.

Namun ternyata, daun binahong bisa menjadi salah satu alternatif yang alami untuk mengatasi penyakit kanker. Pasalnya, daun binahong memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang sangat bagus untuk melawan serangan sel-sel kanker yang menggeregoti di dalam tubuh. Selain antioksidan, masih ada banyak zat atau kandungan lainnya yang sangat bagus untuk mengatasi kanker juga.

mengolah daun binahong untuk kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat daun binahong sebagai alternatif untuk mengatasi kanker, Anda cukup menyiapkan daun binahong sebanyak 30 gram yang direbus dengan air sebanyak 1 liter. Kemudian, air rebusan tersebut Anda minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

Obat Masalah Haid

Banyak wanita di luar sana yang sering sekali dihantui dengan masalah haid. Sebagai contoh, siklus haid yang tidak lancar atau nyeri yang menyiksa saat haid sudah datang. Nah, daun binahong ini bisa digunakan untuk mengatasi kondisi masalah haid tersebut.

manfaat daun binahong untuk obat sakit haid

Cara mengolah daun binahong untuk mengatasi masalah hadi sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan daun binahong sebanyak 3 lembar dan 2 gelas air. Rebus daun binahong tersebut dan pastikan air rebusan menyusut sampai tinggal 1 gelas saja. Silakan minum air rebusan tersebut untuk mengatasi masalah haid Anda.

Nah, bagaimana? Ternyata ada banyak sekali bukan manfaat daun binahong yang sangat berguna untuk kesehatan kita? Jika Anda sedang berjalan-jalan di sekitar rumah dan menemukan daun binahong, tidak ada salahnya Anda memetiknya beberapa untuk menjaga kesehatan. Atau lebih baik lagi, Anda bisa mulai menanam tanaman ini.

  •  
  •  
  •  
  •